Sabtu, 03 Mei 2014

berakhirnya usaha dan sumber daya manusia bagi organisasi kewirausahaan

Salah satu kunci utama dalam menciptakan sumber daya manusia yang professional terletak pada proses rekruitmen,seleksi,training dan development calon tenaga kerja.namun,untuk mencari tenaga kerja tersebut tidaklah semudah membalik telapak tangan.sebagaimana sebuah perusahaan layaknya,suatu wirausaha baik dalam bentuk kecil maupun besar harus mampu membuat langkah perencanaan dan rekrutan tenaga kerja yang lebih efektif guna untuk kelancaran usahanya ke depan. Untuk mendapatkan tenaga kerja yang baik,tentunya harus ada perencanaan yang baik juga.dalam proses ini ada beberapa hal yang dapat di lakukan seperti perkiraan akan pekerjaan yang lowong, jumlahnya, serta waktu dan sebagainya. Biasanya ada dua faktor yang di perhatikan, yaitu faktor internal dan eksternal. Hal lain yang perlu di lakukan juga adalah dengan membuat sebuah pengumuman maupun berita melalui selebaran ataupun media cetak yang memuat pemberitahuan akan adanya sebuah lowongan pekerjaan yang ada.
Biasanya proses rekruitmen di lakukan untuk mencari calon atau kandidat tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan sdm dalam suatu wirausaha. Pada tahap ini akan di lakukan analisis jabatan maupun pekerjaan yang ada. Wirausaha tidaklah mudah untuk mendapatkan pegawai atau karyawan yang memenuhi syarat secara langsung. Maka dari itu harus di lakukan perekrutan dan perencanaan yang baik agar tenaga kerja yang di lakukan juga akan lebih baik
Agar bisa mendapatkan keuntungan yang efektif dan efisien,seorang wirausaha tentunya membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keahlian di bidang tertentu,misalnya sopir yang bertugas untuk menditribusikan/mensupply barang-barang produk kita ke pasar-pasar,bagian marketing yang bertugas memasarkan produk-produk ke masyarakat yang nantinya masyarakat dapat mengetahui produk usaha kita,bagian produksi yang membuat produk-produk,dan bagian keuangan yang mengatur keuangan perusahaan.
Sehingga dalam mencari sumber daya manusia,wirausaha harus secermat mungkin. Di karenakan jika memilih orang yang tidak mempunyai keahlian tertentu,tentunya usaha kita tidak dapat berjalan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar