Sabtu, 03 Mei 2014

rencana-rencana pemasaran

Perencanaan adalah suatu proses menentukan dengan tepat apa yang dilakukan organisasi untuk mencapai tujuan. Sedangkan pemasaran adalah seluruh system yang merencanakan dan menentukan harga sehingga mendistribusikan barang dan jasa untuk memuaskan para pembeli. Jadi rencana pemasaran adalah proses menentukan dengan tepat untuk merencanakan dan menentukan harga bara dan jasa untuk memuaskan hasrat para pembeli. 

Pengertian pemasaran menurut Philip Kotler  adalah:
“ Suatu proses social dan manajerial dengan mana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan dengan pihak lain “

Sehingga pemasaan dapat dikatakan sebagai usaha untuk memenuhi keinginan dan dan kebutuhan konsumen melalui penciptaan suatu produk, baik barang maupun jasa yang kemudian dibeli oleh mereka yang memiliki kebutuhan melalui suatu pertukaran.
Dalam membangun sebuah bisnis/ wirausaha kita harus memiliki rencana/ planning dalam pemasaran. Baik dari segi barang yang ingin dijual, tempat untuk berjual, menentukan sasaran kepada pihak konsumen, setelah itu tentukan harga yang dijual. 

Rencana Pemasaran dapat dilihat dari segi preseptif Internal maupun eksternal. 
1. Lingkungan eksternal
Lingkungan eksternal dapat dilihat dari pandangan para pengusaha.

a. Dari segi perekonomian.
Seorang wirausahawan harus melihat dan mempertimbangkan dari sisi perekonomian sebab membangun sebuah usaha butuh dana maupun biaya yang cukup memadai, letak geografis sebab membangun sebuah usaha harus memulai target dan menentukan dimana kita akan membangun sebuah usaha. 

b. Teknologi
Saat ini teknologi sudah semakin canggih dan berkembang, banyak pabrik yang mengunakan tenaga ahli ataupun robot untuk memudahkan manusia dalam menjalankan tugasnya. Mengangkat beban berat. Dengan teknologi tersebut maka akan lebih efisien dan memudahkan manusia, namun dari sisi lain bahwa dengan kemajuan tersebut maka tenaga manusia akan terbatas dan akan banyak lagi penggangguran di Indonesia.

c. Permintaan Konsumen
Perencanaan pemasaran akan mempersiapkan pengusaha terhadap adanya perubahan dalam permintaan konsumen dan memberikan cara persiapan  terhadap perubahan permintaan konsumen yang memerlukan tindakan tertentu pada produk/jasa, saluran distribusi, harga atau promosi.

d. Hukum
Perusahaan harus memiliki keabsahan dari segi hukum agar diakui oleh pemerintah dimana sewaktu-waktu perusahaan dapat membuat kebijakan.

e. Pesaing
Dalam berwirausaha banyak sekali pesaing-pesaing yang ada. Baik dari segi produk yang sama dan harga pun disesuaikan oleh masyarakat. Agar usaha yang dirintis bertahan kita harus memiliki kretifitas dan inovatis dalam membuat produk yang ada, jika produk yang dibuat sudah ada maka kita harus membuat perbedaan tersebut adar konsumen melihatnya tidak jenuh.

f. Bahan mentah
Dalam membuat sebuah usaha kita juga harus menentukan bahan-bahan mentah yang digunakan apakah mudah atau tidak, jika bahan mentah tersebut sulit dan langka maka proses produksipun akan terhambat dan biaya produksipun akan naik dan mahal. Perusahaan pun harus memiliki alternative jika sewaktu-waktu harga produksi naik ataupun langka.

2. Lingkungan interna
a.   Sumber Daya Finansial
Sumber daya finansial hendaknya menguraikan kebutuhan financial dari usaha baru.

b. Manajemen
Perusahaan harus memiliki tim manajemen yang baik serta bertanggung jawab dalam melaksakan tugasnya serta membangun tim manajemen yang efektif untuk mengimplementasikan rencana pemasaran.

c. Pemasok
Seorang pengusaha mempunyai kendali yang kecil untuk memutuskan keputusan tentang bahan mentah dari pemasok. Jadi sangat penting memasukan factor-faktor tentang pemasokan.

d. Sasaran dan Tujuan
Setiap usaha baru hendaknya menetapkan sasaran dan tujuan yang akan menuntun perusahaan melalui pembuatan keputusan jangka panjang. Akan tetapi, harus dipahami bahwa tujuan dan sasaran adalah berarti garis pedoman jangka panjang dan perubahan konstan akan menunjukkan ketidakstabilan dan ketidakamanan bagian manajer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar