Senin, 15 Desember 2014

pengertian CBIS

Pengertian CBIS
Computer Based Information Sistem (CBIS) adalah system pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis.y
Sub sistem dari system informasi berbasis computer
1. Sistem Informasi Akuntansi
2. Sistem Informasi Manajemen
3. Sistem Pendukung Keputusan
4. Automasi Kantor (Virtual Office)
5. Sistem Pakar

1. SISTEM INFORMASI AKUNTANSI (SIA)
SIA adalah system informasi yang melaksanakan aplikasi akuntansi perusahaan, yaitu sebagai pengolah data perusahaan, perusahaan tidak dapat memilih untuk menggunakan SIA atau tidak system ini merupakan keharusan. Semua perusahaan pada dasarnya melaksanakan prosedur-prosedur yang sama. SIA lebih berorientasi pada data disbanding pada informasi, walaupun ada beberapa informasi yang dihasilkan. SIA menyediakan database bagi system informasi lain.
SIA adalah satu-satunya system infromasi yang bertanggung jawab memenuhi kebutuhan informasi diluar perusahaan, menyediakan informasi untuk seluruh lingkungan kecuali pesaing.
Tugas utama SIA adalah :
1. Pengumpulan Data
Setiap tindakan yang dilakukan oleh perusahaan yang melibatkan elemen lingkungan maka kegiatan tersebut disebut dengan transaksi, tindakan tersebut dijelaskan dengan sebuah catatan data, pencatatan ini dikenal dengan istilah pengolahan transaksi. System pengolahan data mengumpulkan data yang menjelaskan setiap tindakan internal perusahaan dan transaksi lingkungan perusahaan.
2. Manipulasi Data
Adalah tugas yang berupa pengubahan data menjadi informasi
3. Penyimpanan Data
Data yang telah dicatat kemudian disimpan dalam media penyimpanan sekunder, dan diintegrasikan secara logis dalam bentuk database.
4. Penyediaan Dokumen
SIA menghasilkan informasi untuk individu atau organisasi baik diluar maupun di dalam
Karakteristik SIA
a. Melaksanakan tugas yang diperlukan
b. Berpegang pada prosedur yang relative standar
c. Menangani data yang rinci
d. Berfokus pada historis
e. Menyediakan informasi pemecahan masalah minimal
Peran SIA dalam CBIS
1. SIA menghasilkan beberapa output informasi dalam bentuk laporan akuntansi standar.
2. SIA menyediakan database yang lengkap untuk digunakan dalam pemecahan masalah
2. SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
Suatu sistem berbasis database komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang berupa para pemakai biasanya membentuk suatu entitas formal perusahaan atau submit dibawahnya.
Suatu SIM bisa juga merupakan suatu sistem informasi antar organisasi (IOS) jika SIM terkoneksi dengan SIM pada perusahaan lain, misalnya supplier
3. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
Dalam upaya memecahkan masalah seorang problem solver akan banyak membuat keputusan. Keputusan harus diambil untuk menghindari atau mengurangi dampak negative atau memanfaatkan peluang.
Keputusan terbagi menjadi :
Keputusan terprogram, bersifat  berpeluang dan rutin.
Keputusan tak terprogram, bersifat baru dan tidak terstruktur, tidak ada metode pasti untuk menanganinya karena belum pernah terjadi sebelumnya.
4. SISTEM OTOMATISASI PERKANTORAN
Mencakup semua sistem elektronik formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi ke dan dari orang-orang didalam maupun diluar perusahaan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar